motorcycle-sepeda motor

This site is collecting news about motorcycle.

Thursday, May 04, 2006

PERKEMBANGAN SEPEDA MOTOR DI INDONESIA

Latar belakang mengapa populasi sepeda motor di Indonesia semakin bertambah, adalah karena kebutuhan masyarakat terhadap transportasi yang satu ini juga mengalami peningkatan. Hal tersebut dikarenakan beberapa faktor, antara lain :

  1. Sepeda motor merupakan sarana transportasi yang murah dan terjangkau
  2. Banyaknya dealer yg menawarkan kemudahan utk memiliki sepeda motor
  3. Banyaknya lembaga pembiayaan yg memberikan kemudahan kredit kepemilikan spd motor
  4. Sebagian besar masyarakat menganggap bahwa sepeda motor adalah salah satu alternatif mengatasi kemacetan lalu lintas

Perkembangan industri sepeda motor ini menimbulkan berbagai macam dampak, baik itu positif maupun negatif. Dampak positif yang bisa diambil dari adanya perkembangan industri sepeda motor ini, antara lain :

Terbukanya kesempatan kerja

Dengan semakin berkembangnya industri sepeda motor, tentu didukung dengan pembangunan sarana pendukungnya misalnya ; bengkel untuk service, berkembangnya jenis pekerjaan yang mendukung industri sepeda motor. Dengan dibangunnya sarana pendukung tersebut tentunya kesempatan kerja akan pula tercipta

Peluang bagi lulusan jurusan otomotif baik SMK maupun Perti

Banyaknya kesempatan kerja yang tercipta dari berkembangnya industri sepeda motor, tentunya merupakan peluang besar bagi tenaga kerja terutama mereka yang lulus dari jurusan yang berhubungan dengan sepeda motor seperti SMK jurusan otomotif

Peluang pengembangan jurusan otomotif baik di SMK maupun Perti

Walaupun peluang kerja bagi lulusan jurusan otomotif sangat besar, namun bila tidak diimbangi dengan pengembangan jurusan otomotif itu sendiri misalnya dengan : pengembangan mutu tenaga pendidik, mutu lulusan, perbaikan sarana dan prasarana, perbaikan kurikulum maka kesempatan kerja yang telah tercipta tersebut tentunya tidak akan dapat termanfaatkan

Peluang peningkatan kreativitas

Perkembangan kebutuhan akan sepeda motor sebagai sarana transportasi oleh masyarakat, yang tentunya tidak lepas dari berbagai masalah. Hal itu akan merangsang kreativitas orang untuk berusaha menyelesaikan tiap masalah yang muncul dari sepeda motor tersebut

Peluang berkembangnya jenis pekerjaan yang berhubungan industri sepeda motor

Dengan berkembangnya industri sepeda motor, sangat tidak menutup kemungkinan untuk munculnya jenis pekerjaan yang berhubungan dengan sepeda motor, misalnya desainer produk otomotif yang diprediksi akan semakin bagus prospeknya di masa yang akan datang.

Seperti kata pepatah tak ada gading yang tak retak, begitu juga dengan kemajuan industri sepeda motor tentunya juga ada sisi negatif yang diakibatkan oleh perkembangannya yang semakin pesat tersebut. Dampak negatif yang diakibatkan tersebut antara lain adalah :

Tingginya tingkat polusi udara

Gas buang yang dihasilkan dari kendaraan bermotor seperti sepeda motor akan menghasilkan tingkat polusi yang cukup besar dan berbahaya, seperti kita lihat dari gambar diatas. Polusi tersebut dari hari ke hari akan semakin bertambah, sejalan dengan pertambahan jumlah kendaraan bermotor.

Menimbulkan kemacetan lalu lintas

Selain polusi udara yang diciptakan dari gas buang sepeda motor tersebut, kemacetan lalu lintas juga merupakan masalah dari berkembangnya sepeda motor. Walaupun sebagian besar orang memilih sepeda motor sebagai sarana untuk menghindari kemacetan karena bodinya yang ramping, namun tanpa mereka sadari semakin banyak orang menggunakan kendaraan pribadi maka kemacetan akan terus terjadi, bahkan akan semakin macet.

Meningkatnya kebutuhan thd BBM

Penjualan otomotif khususnya sepeda motor yang cukup meningkat, akan berpengaruh kepada kebutuhan akan BBM yang juga akan naik. Meningkatnya kebutuhan akan BBM ini akan semakin mengurangi pasokan BBM di tanah air.

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home