motorcycle-sepeda motor

This site is collecting news about motorcycle.

Wednesday, April 26, 2006

Pasar Sepeda Motor Makin Luas

SAMARINDA- Tingginya minat dan animo masyarakat untuk memiliki sepeda motor, menunjukkan betapa besarnya pangsa pasar sepeda motor di pasaran. Ini juga menunjukkan betapa kondisi ekonomi yang cukup sulit pasca kenaikan BBM dianggap bukan lagi sebagai sebuah halangan untuk memiliki sepeda motor. Selain karena praktis dikendarai, sepeda motor merupakan sarana transportasi alternatif dan lebih ekonomis. Tahun ini, Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menargetkan penjualan sepeda motor sebanyak 4,6 juta hingga 4,8 juta unit.

Angka ini diyakini mampu terlampaui. Apalagi melihat perkembangan dan kebutuhan akan sepeda motor, Indonesia saat ini menempati urutan ketiga terbesar di dunia setelah China dan India, baik dari segi penjualan maupun total produksi.

Dari semua jenis sepeda motor yang ada, popularitas sepeda motor bebek (mop-ad), tampaknya bakal tak tergoyahkan. Kendaraan yang digemari seluruh kalangan masyarakat ini mendominasi pangsa pasar sepeda motor. Popularitas dan pangsa pasarnya mencapai 90 persen. Sementara sepeda motor sport kurang dari 10 persen.

Di Kaltim, industri sepeda motor pun melaju kencang. Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki mendapat angin segar dengan serbuan konsumen. Per bulan paling tidak terjual lebih 5 ribu unit. Jika pasca kenaikan BBM ini penjualan mobil menurun, maka ini tidak berlaku bagi roda dua. Untuk mengurangi pemakaian BBM, sebagian masyarakat mengalihkan pembeliannya pada kendaraan roda dua. Ini sebabnya, laju penjualan roda dua lebih tinggi, apalagi saat ini bertepatan dengan momen Lebaran, hingga daya beli masyarakat bisa lebih kuat.

"Sama seperti tahun lalu, di momen Lebaran ini permintaan naik hingga dua kali lipat," ujar Unit Menager CV Semoga Jaya, Main Dealer Honda di Kaltim, Erwin.

Apalagi belum lama ini Honda meluncurkan produk terbarunya, Supra X 125 cc dan Supra Fit baru. "Efisiensi memang harus dilakukan. Brand Honda sebagai kendaraan irit dan ini sudah dibuktikan dalam tes, jadi Honda punya nilai lebih," ujarnya. Berdasarkan hasil lomba irit yang berlangsung 27 Maret lalu, satu liter bensin bisa digunakan untuk 92 kilometer. "Dengan harga BBM sekarang yang lebih besar, masyarakat tentu akan mencari kendaraan yang memang benar-benar sudah terbukti irit," tegas Erwin.

Sekadar diketahui, salah satu produk terbaru Honda, yaitu Supra X 125 cc baru versi velg racing memiliki output power yang cukup besar, namun tetap memiliki karakter sepeda motor Honda yang irit BBM. Mesin yang digunakan juga merupakan mesin ramah lingkungan (green engine), dengan SASS Technology (Secondary Air Supply System). Teknologi ini mengatur penyemprotan udara bersih (O2) ke dalam saluran, agar bereaksi dengan gas sisa pembakaran (CO & HC) menjadi gas CO2 dan H2O yang tidak berbahaya, dan memenuhi standar emisi yang ditetapkan oleh pemerintah. (hen)

http://www.samarinda.go.id/?q=node/3816

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home