motorcycle-sepeda motor

This site is collecting news about motorcycle.

Wednesday, April 26, 2006

Pasar Sepeda Motor Indonesia Geser India

BeKAsI, (PR).
Indonesia kini menempati pasar sepeda motor terbesar ketiga di dunia dan ada kemungkinan menggeser India yang menempati urutan kedua. Sedangkan, pasar sepeda motor terbesar masih ditempati Cina dengan permintaan mencapai 14 juta unit per tahun. “Indonesia menempati posisi ketiga dengan pangsa pasar 3,6 juta.

India mencapai 5,5 juta, namun data untuk India belum begitu jelas. Yang sudah ada laporannya, pangsa pasar di India baru sebesar 2,3 juta unit per tahun,” ungkap Presiden Direktur PT Astra Honda Motor, Minoru Yamashita, di sela-sela peletakan batu pertama pembangunan pabrik baru ketiga Honda seluas 30 hektare dengan investasi 100 juta dolar AS di kawasan industri MM 2100 Cibitung Kab. Bekasi, Rabu (8/9).

“Dengan target produksi sepeda motor Indonesia mencapai 4 juta unit pada 2004 ini, maka ada kemungkinan menggeser posisi India,” kata Minoru. Menurutnya, perkembangan pasar sepeda motor di Indonesia dari tahun ke tahun mengalami peningkatan seiring dengan laju perekonomian yang kian membaik.

Dirjen Industri Logam Mesin Metronika dan Aneka (ILMEA) Deperindag, Subagio juga mengatakan, dengan membaiknya ekonomi tersebut, produksi sepeda motor pada tahun mendatang akan melaju melebihi tahun 1997 yaitu saat sebelum krisis.

Dengan pertumbuhan ekonomi di sektor industri otomotif tadi, Subagio berharap hal itu merupakan titik balik menggeliatnya industri kendaraan bermotor setelah mengalami tekanan selama krisis ekonomi.

Subagio menambahkan, perkembangan industri kendaraan bermotor dalam negeri dirasakan semakin menunjukkan peningkatan yang sangat berarti, sehingga memberikan harapan yang sangat menggembirakan. “Dan, ini diperkirakan akan melampaui prestasi pada saat sebelum krisis.”

Keadaan ini, kata dia, tentunya sangat menggembirakan dan mendorong semangat untuk memantapkan posisi Indonesia sebagai salah satu kekuatan industri kendaraan bermotor di ASEAN, bahkan menjadi salah satu basis produksi sepeda motor di dunia.

SeLEsAi oKtObeR
Tentang pembangunan pabrik baru di Cibitung itu, Minoru Yamashita mengatakan rencananya akan diselesaikan pada Oktober 2005. Sedangkan, kapasitas produksi pabrik ini akan disesuaikan dengan kebutuhan pasar. “Tidak menutup kemungkinan akan terus dilakukan perluasan dengan melihat perkembangan permintaan,” katanya.

Minoru mengakui, selain pabrik ini yang akan dibangun itu, sudah ada dua pabrik produksi Honda yaitu dikawasan Sunter Jakarta Utara, dan Pegangsaan Jakarta Timur yang telah menyerap tenaga kerja sekitar 9.500 orang. “Untuk pabrik baru ini paling tidak akan terserap tenaga kerja sekira 4.000 orang,” katanya. Dengan dibangunnya pabrik tersebut, menempatkan AHM sebagai pabrikan motor terbesar di Indonesia.

Sementara itu, Direktur Marketing PT AHM, Johanes Hermawan mengatakan, target produksi dan penjualan pada 2004 ini mencapai 2 juta unit. Target itu berdasarkan perkembangan produksi Honda setiap tahunnya.

Data di AHM menyebutkan, pada 2002 produksi Honda mencapai 1,437 juta. Sedang pada 2003 total produksi mencapai 1,576 juta unit. “Sampai akhir Agustus kemarin jumlah yang sudah kita produksi sebesar 1,345 juta,” ujarnya. (A-78)

http://www.pikiran-rakyat.com/cetak/0904/09/0603.htm

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home