motorcycle-sepeda motor

This site is collecting news about motorcycle.

Wednesday, April 26, 2006

Indonesia Tempati Tingkat Ketiga Pasar Ekspor Sepeda Motor

Rabu, 08 September 2004 | 15:06 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta: Indonesia saat ini menempati pasar sepeda motor terbesar ketiga di dunia. Hal ini dikatakan Presiden Direktur PT AHM, Minoru Yamashita, di Bekasi, Rabu (8/9).

Menurutnya, posisi ketiga Indonesia masih bisa naik menempati posisi kedua bahkan posisi pertama. Diposisi pertama pangsa pasar sepeda motor terbesar dipegang oleh Cina dengan besar permintaan 14 juta unit pertahun.

Sedang diposisi kedua ditempati oleh India dengan pangsa pasar mencapai 5,5 juta. Indonesia menempati posisi ketiga dengan pangsa pasar 3,6 juta.

Namun, kata dia, data untuk India sebenarnya belum begitu jelas, yang sudah ada laporannya pangsa pasar di India baru sebesar 2,3 juta unit. "Dengan target produksi sepeda motor Indonesia mencapai 4 juta unit pada tahun 2004 ini, maka ada kemungkinan menggeser posisi India," kata Minoru.

Minoru mengatakan, perkembangan pasar sepeda motor di Indonesia dari tahun ketahun mengalami peningkatan. Menurutnya, hal itu seiring dengan laju perekonomian yang kian membaik. Bahkan, Dirjen Industri Logam Mesin Metronika dan Aneka, Subagio mengatakan, dengan seiringnya membaiknya ekonomi tadi, produksi sepeda motor pada tahun mendatang akan melaju melebihi tahun 1997 yaitu saat sebelum krisis.

Dengan pertumbuhan ekonomi disektor industri otomotif tadi, Subagio juga mengharapkan, hal ini merupakan titik balik menggeliatnya industri kendaraan bermotor setelah mengalami tekanan selama krisis ekonomi.

Subagio mengatakan perkembangan industri kendaraan bermotor dalam negeri dirasakan semakin menunjukkan peningkatan yang sangat berarti, sehingga memberikan harapan yang sangat menggembirakan.
Dan diperkirakan akan melampaui prestasi pada saat sebelum krisis.

Muhamad Nafi –

http://www.kompas.com/kompas-cetak/0305/22/Otomotif/324945.htm


0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home